Saat selesai menempuh pendidikan SMA, setiap pelajar pastinya menginginkan pendidikan yang lebih tinggi. Namun, saat menentukan universitas pilihan sebaiknya seseorang mengetahui seluk beluknya terlebih dahulu. Ada banyak tips memilih universitas terbaik di Indonesia yang dapat dilakukan.

Beberapa Tips Mudah Menentukan Universitas yang Berkualitas

Saat ingin melanjutkan studi di universitas pilihan, setiap orang perlu mempertimbangkan beberapa hal terkait keputusannya. Berikut adalah ulasan menarik tentang tips menentukan universitas berkualitas:

1. Komunitas atau Organisasi di dalam Universitas

Setiap universitas biasanya memiliki komunitas tertentu. Hal ini diperuntukan agar seseorang bisa membangun dan menjalankan sebuah organisasi walaupun hanya di lingkup perkuliahan. Komunitas atau organisasi yang baik bisa membangun universitas tersebut menjadi lebih baik lagi.

Komunitas dalam universitas kebanyakan berbentuk organisasi yang sudah dirancang dengan matang. Semakin baik organisasi, maka semakin baik pula komunitas yang ada. Dengan begitu, kualitas universtas juga ikut terangkat.

2. Melihat Visi dan Misi Universitas

Visi dan misi setiap universitas tentu berbeda-beda. Perlu kiranya Anda melihat dahulu. Apakah visi misi yang ada sudah diterapkan atau belum. Jika sudah, berarti universitas tersebut memang benar-benar real bukan hanya isapan jempol.

Hal ini sangat penting karena visi dan misi hanya sebagai tulisan dan kurang dijalankan.

3. Mencari Tahu Kualitas

Sebelum masuk ke universitas terbaik, Anda harus mengetahui bagaimana kualitasnya. Sehingga Anda akan semakin mantap untuk melanjutkan pendidikan di universitas pilihan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas dari sebuah universitas. Berikut di antaranya:

Bertanya kepada mahasiswa disana. Sebelum melakukan pendaftaran, Anda bisa bertanya kepada beberapa mahasiswa yang ada disana. Jangan malu untuk bertanya tentang kualitas universitas tersebut. Baik program maupun keunggulannya.

Melihat output dari universitas. Lihatlah alumni yang dihasilkan oleh universitas terkait. Kebanyakan universitas memberikan kontribusi yang tinggi secara langsung kepada beberapa perusahaan dan beberapa instansi pemerintahan. Sehingga, banyak alumni atau lulusannya yang sukses.

Program yang diberikan. Apa saja program unggulan di sana juga penting untuk diperhatikan sebelum mendaftar. Sehingga, tidak akan terjadi penyesalan setelah memilih kampus tersebut. Program yang unggul tentunya akan menjamin pengembangan skill dan kemampuan Anda saat kuliah.

4. Periksa Peringkat

Cara memilih universitas terbaik Indonesia berikutnya adalah memeriksa rangking atau diurutan berapa universitas tersebut bertengger. Semakin bagus peringkat, semakin bagus pula kualitas dari universitas. Kebanyakan universitas yang berada di peringkat atas memiliki fasilitas yang lengkap.

Peringkat merupakan hal termudah yang dapat dijadikan acuan untuk mengetahui kualitas sebuah universitas. Perlu diperhatikan saat menentukan peringkat harus menggunakan website resmi dan terpercaya yang ada. Sehingga, informasi bisa didapat secara akurat.

5. Pastikan Telah Memilih Jurusan yang Tepat

Jangan salah saat memilih jurusan karena hal ini menyangkut masa depan dan karir Anda. Baik program dalam masyarakat ataupun program untuk study lebih lanjut. Dengan jurusan yang tepat, seseorang akan lebih nyaman menjalani perkuliahan.

Setiap universitas tentu memiliki jurusan yang diunggulkan. Jika Anda suka dunia bisnis, tidak ada salahnya memilih jurusan yang berbasis bisnis. Begitu pula dalam memilih jurusan yang lain. Namun, setelah melakukan pemilihan hendaknya berkonsultasi dahulu kepada pihak keluarga.

6. Berprestasi

Perguruan tinggi terbaik pasti pernah menorehkan prestasi di dalamnya. Minimal prestasi tingkat nasional. Baik prestasi saat lomba ataupun prestasi di bidang lainnya. Prestasi dapat dilihat dari dua bentuk. Yaitu prestasi kampus dan juga prestasi mahasiswa.

Semakin banyak prestasi yang didapat, semakin baik pula universitas tersebut. Perlu diperhatikan, untuk proses masuk ke dalam universitas semacam ini juga terbilang sulit. Kebanyakan harus melalui beberapa tahapan dan test yang cukup ketat.

Fasilitas yang Harus ada di Sebuah Universitas Terbaik

Dalam memilih Universitas Swasta Terbaik di Jakarta, fasilitas merupakan komponen utama yang bisa dijadikan rujukan. Dengan fasilitas yang memadai, universitas akan lebih maju dan berkembang ke depannya. Berikut beberapa fasilitas yang harus ada di universitas terbaik:

1. Perpustakaan

Perpustakaan yang baik tentunya harus menyediakan banyak sumber atau buku yang dapat dijadikan rujukan saat membuat karya ilmiah. Oleh sebab itu, suatu universitas terbaik harus memiliki perpustakaan yang memadai. Sehingga, mahasiswa tidak mengalami kesulitan saat mencari bahan.

Buku di dalam perpustakaan juga harus di update. Karena semakin hari semakin banyak buku yang diterbitkan. Ilmu pengetahuan juga senantiasa mengalami perkembangan. Perpustakaan yang berkembang, akan menjadikan universitas lebih baik lagi ke depannya.

2. Ruangan Dosen

Ruangan dosen harus tersedia di dalam universitas. Jadi setiap ada mahasiswa yang ingin bertemu langsung dengan dosen hanya tinggal mencarinya di dalam ruangan tersebut. Ruangan dosen yang bagus dan rapi mencerminkan kualitas dari sebuah universitas.

3. Kantor

Untuk masalah kantor, semua universitas pasti memilikinya. Kantor merupakan tempat bertemu dan berdiskusi beberapa dosen dan perangkat kampus yang lain. Biasanya tempat ini berdekatan dengan ruangan dosen. Universitas terbaik biasanya juga memiliki koleksi piagam dan piala yang banyak di kantor.

4. Ruang Pembayaran

Ruang pembayaran juga wajib ada di dalam sebuah universitas. Tips memilih universitas dan jurusan terbaik di Indonesia ini ditujukan untuk proses mengurus keperluan saat pembelajaran berlangsung. Semakin banyak mahasiswa, biasanya terdapat banyak konter untuk melakukan pembayaran.

Saat ini banyak universitas yang membuat kebijakan pembayaran secara online. Hal ini bertujuan untuk lebih mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan beberapa administrasi yang diurus. Selain itu, sistem pembayaran online juga dinilai lebih efektif.

5. Laboratorium

Laboratorium biasanya digunakan untuk tempat praktek. Kelengkapan laboratorium juga bisa dijadikan alasan untuk memilih universitas. Setiap jurusan tentu memiliki tipikal laboratorium yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan jurusan yang dipilih memiliki laboratorium khusus di universitas pilihan.
Perlu diperhatikan pula bahwa tidak semua universitas memiliki laboratorium yang bagus. Hal ini dikarenakan, biaya yang digunakan untuk membangun laboratorium tidaklah murah. Namun, untuk setiap universitas tentunya memiliki tempat praktek khusus.

6. Kantin

Walaupun bukan tempat yang begitu penting, kantin juga memiliki peranan tersendiri dalam universitas. Saat mengunjungi tempat perkuliahan, tidak jarang di sana terdapat kantin yang berjejer dengan rapi. Walaupun tidak semua universitas memiliki kantin di setiap kampusnya.

7. Mushola

Mushola merupakan tempat ibadah terdekat di sela-sela jam perkuliahan. Setiap universitas harus memilki mushola yang layak pakai. Sehingga, mahasiswa tidak akan kesulitan saat ingin melakukan ibadah.

Spesifikasi Dosen yang Tepat untuk Universitas Terbaik

Tips memilih universitas terbaik di Indonesia berikutnya adalah menentukan spesifikasi dosen. Kualitas dosen sangat berpengaruh terhadap kelangsungan pembelajaran. Selain itu, juga dosen terbaik harus memenuhi beberapa kriteria tertentu. Berikut ulasannya:

1. Memiliki Beberapa Karya Jurnal

Dosen yang baik harus memiliki beberapa karya jurnal. Selain itu, artikel yang dibuat harus masuk ke dalam jurnal ilmiah. Baik yang terakreditasi secara internasional ataupun nasional. Hal ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui kualitas karya yang dibuat. Dan dapat menjadikannya sebagai teladan.

Jurnal artikel yang dibuat harus melalui penelitian dengan dasar yang dapat dipertanggungjawabkan. Baik dari segi isi, daftar pustaka ataupun komponen pendukung lainnya.

2. Tidak Terlibat Kasus Hukum

Jika dosen memiliki kasus hukum, namanya pasti tercoreng dan bisa dikeluarkan dari universitas. Perlu kiranya memperhatikan kualitas dosen yang ada. Untuk saat ini, kemungkinan tidak ada dosen yang terkena kasus hukum dan masih mengajar.

3. Skor TOEFL Harus di atas 500

Skor TOEFL menjadi penentu kualitas dosen. Semakin bagus skor TOEFL, maka semain baik pula kualitas dosen yang mengajar. Skor 500 merupakan standar terendah untuk seorang dosen. Jadi kebanyakan dosen yang mengajar memilki skor di atasnya.

4. Bergelar S3

Walaupun lulusan S2 sudah diperbolehkan untuk menjadi dosen, namun kebanyakan universitas terbaik menggunakan dosen bergelar S3. Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan pola fikir mahasiswa. Mereka juga semakin tertarik untuk masuk karena universitas pilihannya memiliki kualitas dosen yang mumpuni.
Dosen yang berpendidikan S3 tentu memiliki pengalaman yang lebih. Hal ini akan berefek pada penyampaian materi yang cenderung lebih bagus dan mudah dimengerti. Sehingga, mahasiswa yang dicetak pun menjadi berkualitas pula.

5. Bahan Ajar yang Bagus

Bahan ajar yang digunakan oleh dosen tentu harus mudah dipahami. Dosen berkualitas tentu lebih kreatif dalam menentukan kebijakan yang diambil. Karena tidak semua dosen bisa melakukan hal tersebut. Menyampaikan materi memang mudah, namun membuat mahasiswa paham memang terbilang sulit.

6. Berpengalaman

Semakin lama pengalaman yang dijalani, semakin bagus pula kualitas seorang dosen. Karena mengajar bukan hanya menyampaikan materi saja, melainkan juga membentuk karakter mahasiswa. Setiap mahasiswa tentu memiliki karakter berbeda beda. Di sinilah peran dosen yang sebenarnya sedang diuji.

Jenjang Perkuliahan di Universitas Terbaik Indonesia

Semua universitas memiliki jenjang tersendiri sesuai dengan program yang direncanakan. Namun, tidak semua universitas menyediakan jenjang tersebut. Anda harus memahami jenjang apa saja yang harus ada di universitas terbaik. Berikut ulasannya:

1. Diploma 1 (D1)

Untuk jenjang ini, mahasiswa hanya diwajibakan kuliah selama 2 semerter saja. Pendidikan yang hanya berlangsung selama setahun ini tidak disediakan oleh semua universitas. Bahkan, untuk saat ini susah untuk menemukannya.

Diploma 1 lebih mirip dengan kursus, namun memiliki ijasah layaknya sarjana. Karena diperuntukan untuk dunia kerja saja. Waktu kuliah yang sangat singkat dan jumlah SKS yang sedikit membuat jenjang ini kurang diminati orang.

2. Diploma 2 (D2)

Jenjang berikutnya adalah Diploma 2. Jenjang ini lebih tinggi dibandingkan D1. Dengan durasi waktu selama 2 tahun atau bisa dikatakan 4 semester. Untuk jumlah SKS yang diajarkan juga dua kali lipat dibanding program Diploma 1.

Kebanyakan hal yang diajarkan adalah keterampilan dan kematangan kerja. Sehingga, bisa mencetak para usahawan baru yang siap tempur. Namun, setali tiga uang dengan Diploma 1, sekarang program ini kurang diminati.

3. Diploma 3 (D3)

Dunia kesehatan umumnya menggunakan program ini. Misalnya saja bidan. Untuk waktu yang ditempuh biasanya selama 3 sampai dengan 4 tahun. Jenjang jenis ini cukup banyak diminati karena lebih efektif dan efisien.

4. Diploma 4 (D4)

Pelaksaan untuk jenjang ini adalah 4 tahun. Dengan kata lain akan mendapatkan 8 semester secara utuh. Sama halnya dengan jenjang sebelumnya, Diploma 4 juga menitikberatkan lebih banyak praktik dari pada materi yang ada.

5. Strata 1 (S1)

Jenjang ini paling banyak diminati untuk saat ini. Banyak jurusan yang bisa dijadikan pilihan. Jenjang Strata 1 biasanya ditempuh selama 4 tahun atau 8 semester. Jenjang ini mampu membuat mahasiswa berfikir realistis dan dibarengi dengan praktek kerja nyata.

Saat ini kebanyakan perusahaan banyak mengambil tenaga terdidik dari jenjang ini. Hal ini dikeranakan, kemampuan dan skill yang memadai dan tidak susah untuk mengikuti perubahan. Bahkan lebih mampu berfikir secara sitematis dan mengedepankan logika.

Namun, semakin banyaknya sarjana Strata 1 membuat persaingan kerja semakin sulit. Hal ini bisa dilihat dari beberapa sarjana yang masih menganggur. Oleh karena itu, jangan terlalu berharap dengan ijasah yang didapatkan. Pastikan memiliki skill dan kemampuan di atas rata-rata.

6. Strata 2 (S2)

Ini merupakan program kuliah lanjutan setelah Strata 1. Lulusan dari Strata 2 bisa menjadi dosen. Namun, juga harus memiliki beberapa kompetensi yang dibutuhkan. Untuk hal yang dipelajari, program Strata 2 hampir sama dengan Strata 1. Jadi tidak banyak membutuhkan penyesuaian.

Untuk masalah gaji tentu lebih besar. Walaupun hanya dilakukan selama 2 tahun, namun biaya yang diperlukan juga banyak. Saat ini banyak terdapat beasiswa yang menawarkan kuliah jenjang Strata 2 secara gratis. Perlu kiranya Anda mengikuti perkembangan informasi yang ada.

7. Strata 3 (S3)

Jenjang Strata 3 merupakan jenjang tertinggi yang ada di Indonesia. Setiap universitas yang memiliki jenjang ini bisa dikatakan sebagai universitas unggulan. Walaupun biayanya tinggi, banyak orang yang rela menjalaninya.

Untuk gelar, biasanya diberikan sebutan doktor. Hal ini dikarenakan setiap lulusan Strata 3 dituntut untuk menemukan solusi beberapa permasalahan yang ada di dalam dan di luar negeri. Semua masalah tersebut terkait dengan Indonesia.

Kebanyakan orang yang sudah lulus Strata 3 akan terjamin pekerjaannya. Pendidikan dan pola fikir mereka sangat dihargai. Baik untuk jadi dosen ataupun untuk jadi ilmuan dan sebagainya.

Cara Mengetahui Peringkat Universitas di Indonesia

Untuk mengetahui peringkat sebuah universitas, tentu ada caranya tersendiri. Cara memilih universitas yang tepat yang cukup mudah ini bisa dilakukan secara online. Dengan mengunjungi situs resmi yang telah disediakan. Berikut langkah-langahnya:

1. Dengan Cara Mengunjungi Pemeringkatan Dikti

Pergi ke website resmi dari Pemeringkatan Dikti: http://pemeringkatan.ristekdikti.go.id/index.php.
Untuk melihat peringkat, Anda diharuskan mengisi kode terlebih dahulu.
Kode setiap perguruan tinggi berbeda-beda. Jika belum mengetahui, perhatikan langkah berikut ini.
Kunjungi website forlap pddikti, perguruan tinggi: http://forlap.dikti.go.id/perguruantinggi
Tulis universitas yang ingin dicari, tulislah koordinasi yang diinginkan dan jangan lupa untuk menuliskan jenis perguruan tinggi agar lebih spesifik.
Pergi ke website resmi dari Pemeringkatan Dikti: http://pemeringkatan.ristekdikti.go.id/index.php.
Masukan kode yang didapat. Secara otomatis Anda mendapatkan nilai peringkat.
Pergi Langsung ke Dalam Website Resmi Universitas

Setiap universitas tentu memiliki website masing-masing. Jika benar universitas tersebut merupakan yang terbaik, tentu akan mencantumkkn urutan terbaik se-Indonesia. Jika tidak dicantumkan, Anda perlu mempertimbangkan ulang untuk menjadikan universitas tersebut sebagai pilihan.

3. Melihat di Google

Anda juga bisa mengetahui peringkat universitas tersebut melalui Google. Dengan mengetikan “peringkat’ dari universitas yang tertera. Nantinya pasti akan muncul beberapa pilihan dan data yang cukup akurat untuk dijadikan rujukan.

4. Bertanya Langsung

Jika tidak malu, Anda bisa menanyakan langsung kepada kampus yang bersangkutan. Urutan keberapa universitas tersebut saat ini. Dengan begitu, tidak ada kata ragu saat memilih universitas terbaik di Indonesia.

Dengan memahami tips memilih universitas terbaik di Indonesia Anda akan bisa dengan mudah mendapatkan universitas favorit. Dengan masuk ke universitas terbaik, pastinya proses belajar akan semakin maksimal dan benar-benar mampu mencetak generasi unggul di bidangnya.