algoritma google

Google memiliki peran besar dalam perkembangan dunia informasi, misi awal dalam pengaturan akses dan memberikan manfaat untuk semua orang membuat banyak cara digunakan untuk menyempurnakan search engine. Ada beberapa pembaruan algoritma Google setiap tahunnya.

Pada tahun-tahun pertama, Google membuat perkembangan algoritma yang masih terbatas, langkah signifikan diambil seiring berjalannya waktu. Berikut adalah sejarah perkembangan algoritma mesin pencarian Google.

Tahun 2000 s.d 2005

Dalam kurun 5 tahun banyak perubahan algoritma. Tanggal 9 Mei 2000, ada penambahan bahasa baru sebanyak 10 yang meliputi bahasa Prancis, Swedia, Italia, Spanyol, Portugis, Norwegia, Belanda, Jerman, Finlandia, dan Denmark. Beberapa bulan berselang, tepatnya pada 12 September, ada 3 tambahan bahasa baru yaitu bahasa Cina, Korea, dan Jepang.

Tahun 2000 merupakan awal peluncuran Google AdWords dengan pelanggan awalnya hanya 350. Setahun kemudian tepatnya bulan Juli 2001, dirilis Google Image Search untuk database pencarian dengan jumlah 250 juta lebih gambar.  Algoritma Google yang diperkenalkan selanjutnya yaitu Google Zeitgeist dan Google Berita di tahun yang sama.

Tahun 2003 banyak pembaruan yang dilakukan yaitu Boston, Cassandra untuk mengatasi spam tautan, pembaruan Fritz. Peluncuran Google Print yang dipersiapkan untuk Google Books dilakukan pada bulan Desember.

Awal tahun 2004 ada pembaruan Austin, Brandy. Memasuki akhir tahun, diluncurkan Google Scholar untuk kepentingan akdemis. Tanggal 2 Februari 2005, Google melakukan pembaruan Allegra dan peluncuran Web Seluler Google.

Tahun 2006 s.d 2010

Pencarian universal yang mengintegrasi hasil dari Google Image Search, Google Video Search, Google News, dan lainnya diluncurkan pada bulan kelima tahun 2007. Pembaruan bulan Maret sampai April 2008 The Dewey mempengaruhi hasil dalam skala besar. Pembaruan The Vince terjadi di tahun 2009.

Pada akhir tahun 2010, algoritma Google diperbarui sebagai langkah untuk menindak website yang menyebarkan pengalaman buruk kepada para visitor.

Baca juga : Isyarat Kemunculan Xiaomi Redmi 7 Pasca Peluncuran Redmi Note 7

Tahun 2010 s.d 2015

Bulan September 2010 dipilih Google untuk merilis Google Instan untuk fitur pencarian. Dua bulan setelahnya baru diperkenalkan tampilan instan. Pembaruan algoritma di tahun 2010 dimaksudkan untuk menangkal web dengan konten buruk.

Dalam rentan waktu 2010 sampai 2015 ada banyak pembaruan besar seperti Google Panda, Google Penguin, mengenalkan Google Hummingbird dan Google Pigeon, dan lain-lain. 

Tahun 2016 s.d 2019

Ada peluncuran untuk perkuatan sinyal perangkat mobile-friendly, dan adannya pembaruan untuk Penguin 4.0. Pada bulan Maret 2017 ada peluncuran algoritma Google yang disebut Algoritma Google Fred yang membidik target konten dengan nilai rendah. Beberapa kali Google memberikan petunjuk jika di Tahun 2018 akan ada pembaruan algoritma inti.

Itulah sekilas tentang sejarah algoritma Google yang dikembangkan bertahap sampai sekarang. Bukti nyatanya adalah algoritma utama hasil pencarian seperti Penguin, Panda, Pigeon, RankBrain, dan masih banyak lainnya.