Menyorot Untuk Mengenal Sosok Jendral Gatot Nurmantyo

Tentara Nasional Indonesia atau TNI merupakan sebuah institusi Negara Republik Indonesia yang mempunyai hak dan kewajiban untuk melindungi tiap jengkal teritori Negara dari batas terjauh. Dalam hirarki kepangkatan militer di TNI, Panglima TNI merupakan puncak dari hirarki kepangkatan internal dalam TNI, sedangkan dalam pemerintahan Presiden merupakan panglima tertinggi dari susunan pangkat TNI.

Sosok yang akan kita sorot pada kesempatan kali ini di best-bookmarks adalah seorang mantan panglima Tentara Nasional Indonesia 2015 – 2017 yang kini sudah memasuki masa purna baktinya yang terhitung muda. Ya, Jendral Purn. Gatot Nurmantyo memasuki masa purna bhaktinya di usia 57 tahun setelah sebelumnya menjabat sebagai panglima TNI menggantikan Jendral Purn. Moeldoko dan lalu digantikan oleh Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai panglima TNI.

Menyorot Untuk Mengenal Sosok Jendral Gatot Nurmantyo

Gatot Nurmantyo atau lebih familiar dengan sebutan Jendral Gatot ini lahir di Tegal, Jawa Tengah pada 13 Maret 1960 lalu dari ayah yang seorang pensiunan militer dengan pangkat terakhir letnan colonel infanteri dan ibu yang seorang anak dari kepala pertamina Cilacap dengan 3 orang kakak yang berprofesi sebagai TNI AD, TNI AL, serta TNI AU. Sejak lahirpun ternyata darah juang sudah mengalir di dalam nadi seorang yang menjadi anggota Komando Pasukan Khusus atau KOPASSUS justru setelah dia menjadi panglima TNI ini.

Baca Juga : Mengenal Sosok dari Rocky Gerung

Sang jendral pun selama karir militernya sudah lebih dari 20 kali berganti posisi dan tugas yang rata-rata didominasi dengan tugas sebagai komandan atau kepala dari suatu divisi ataupun bagian khusus dalam tugas kemiliteran.  Karir kemiliteran Gatot Nurmantyo pun terbilang sangat cemerlang, dia mengawalinya dengan lulus dari Akmil atau akademi militer pada tahun 1982, kemudian melanjutkan karirnya di kecabangan infanteri baret hijau kostrad selama beberapa tahun, lalu kemudian ia juga pernah menjadi komando KODIKLAT, panglima Divisi Militer Brawijaya, serta menjadi gubernur akademi militer sebelum ia mencapai karir puncaknya sebagai panglima TNI pada tahun 2015.

Menyorot Untuk Mengenal Sosok Jendral Gatot Nurmantyo sang jendral

Pasca ia memasuki masa purna bhakti nya dan berhenti dari dunia kemiliteran, ia lantas tak tinggal diam begitu saja dan puas dengan menikmati masa tua nya dengan anak dan keluarganya. Kini ia aktif sepenuhnya di PB Forki yaitu kepanjangan dari Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia sebagai ketua umum di mana ia terpilih di tahun 2014. Mungkin itulah sedikit tulisan untuk lebih mengenal satu sosok salah satu putra terbaik bangsa ini Jendral Purn. Gatot Nurmantyo, semoga semakin meningkatkan rasa nasionalisme kita semua dalam upaya menjadi pembela bangsa.